Tips Cerdas Mengatur THR Tidak Langsung Habis

tips mengatur uang THR

Saat menjelang hari raya, setiap pekerja pastinya menantikan THR yang diberikan oleh perusahaan atau perorangan. Lalu setelah menerima THR, maka perlu mengatur pengeluaran agar uang tunjangan ini tidak langsung habis begitu saja.

Ketika mendapatkan THR, kebanyakan orang biasanya akan langsung berbelanja kebutuhan dirinya maupun keluarganya. Namun tidak sedikit orang menggunakan uang THR untuk mengikuti kegiatan investasi atau menabung.

Jika uang THR tidak dikelola dengan baik, maka tidak akan merasakan manfaatnya. Oleh sebab itu, perlu cara cerdas dalam mengatur uang THR agar bisa digunakan dengan bijak dan penggunaanya tidak boros seolah cuma numpang lewat saja.

Berikut ada beberapa tips mengatur uang THR dengan tepat agar bisa merasakan manfaatnya, serta bisa menggunakan uang tersebut untuk sesuatu yang berguna bagi diri sendiri maupun keluarga. Yuk, simak uraian di bawah ini!

Kebutuhan Hari Lebaran

Buatlah rencana anggaran untuk kebutuhan lebaran, seperti misalnya membeli makanan untuk hidangan tamu di hari raya, membeli perlengkapan ibadah, termasuk merencanakan untuk membeli baju baru untuk keluarga jika diperlukan.

Adapun alokasi dana untuk kebutuhan lebaran bisa disesuaikan, terpenting tidak membeli peralatan atau perlengkapan yang memang belum terlalu dibutuhkan, sehingga hemat pengeluaran dan uang bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya.

Zakat dan Sedekah

Ketika mendapatkan uang THR dari perusahaan tempat bekerja, maka sebaiknya alokasikan terlebih dahulu untuk membayar zakat untuk diri sendiri dan keluarga, apalagi bayar zakat adalah hal yang wajib dilakukan oleh umat muslim.

Selain itu, alokasikan pula untuk infaq ke masjid dan sedekah kepada orang-orang yang tidak mampu di sekitar rumah. Dengan begitu, uang THR yang diterima akan menjadi lebih berkah dan tentunya bermanfaat bagi orang lain.

tips mengatur uang THR

Membayar Hutang

Ketika mendapatkan uang Tunjangan Hari Raya (THR), maka manfaatkan hal ini untuk melunasi hutang atau membayar berbagai cicilan yang dimiliki, agar hutang bisa berkurang dan hari raya pun terasa lebih menyenangkan.

Alokasikan uang THR untuk membayar hutang sesuai dengan kesepakatan pemberi hutang. Namun, jika kamu tidak memiliki hutang atau cicilan apapun, maka bisa dialokasikan uang THR untuk dana darurat atau kebutuhan lainnya.

Dana Darurat

Penting untuk mengalokasikan dana darurat untuk diri sendiri maupun keluarga, daripada membuang-buang uang THR untuk keinginan konsumtif dan foya-foya yang tidak penting, maka lebih baik alokasikan sebagiannya untuk dana darurat.

Apalagi menjelang hari lebaran akan ada banyak pengeluaran tanpa diduga. Adapun fungsi dana darurat yang sebenarnya untuk mengantisipasi jika ada kebutuhan tertentu sehingga perlu pengeluaran ekstra selama bulan puasa hingga Lebaran.

Investasi atau Menabung

Jika merasa masih ada lebihan dari pendapatan uang THR uang diberikan perusahaan tempat bekerja, maka bisa dialokasikan untuk kegiatan investasi, hanya saja pilihlah investasi yang terpercaya untuk jangka panjang dan rendah resiko tentunya.

Namun, jika tidak berpengalaman melakukan investasi, maka sebagai alternatif bisa menabung di bank untuk masa depan pendidikan anak atau membuat asuransi dan lain sebagainya, sehingga uang THR tidak habis percuma begitu saja.

Itulah beberapa tips mengelola dan mengatur uang THR agar bisa memberikan manfaat, terpenting ketika mendapatkan uang THR alokasikan terlebih dahulu untuk kebutuhan yang wajib dibanding kebutuhan yang sekiranya bukan prioritas.

Demikian informasi yang bisa disampaikan, semoga bisa menjadi inspirasi dan referensi bagi yang sulit mengatur uang THR, melalui tips diatas setidaknya bisa mengetahui mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu.