Persiapan Indonesia Dalam Menghadapi Krisis Ekonomi Global


Situasi ekonomi global mulai terguncang, setiap negara harus bertahan dari berbagai ancaman dan ketidakpastian ekonomi dunia. Beberapa negara bahkan sudah menghadapi krisis ekonomi, ditandai dengan resesi ekonomi, setiap negara sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi krisis ekonomi global.

Ketidakpastian ekonomi dunia menimbulkan banyak prediksi ilmiah tentang ancaman krisis global, hal tersebut juga disampaikan oleh pemerintah melalui laman resmi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, indonesia termasuk negara yang terancam dampak krisis ekonomi global.

Akan tetapi, Indonesia juga sudah mempersiapkan beberapa hal sebagai langkah antisipasi dan langkah preventif dalam menghadapi ancaman krisis ekonomi global. Berikut ini beberapa persiapan Indonesia menghadapi ancaman krisis ekonomi global.

  • Mendorong Keberlangsungan Kredit Usaha Rakyat

Mekanisme ekonomi yang baik dan sehat akan membantu negara terhindar dari ancaman resesi sebagai dampak dari krisis ekonomi global. Mekanisme ekonomi yang sehat ditandai dengan kegiatan ekonomi rakyat yang stabil dan berkelanjutan. Dengan begitu ekonomi suatu negara akan terus membaik.

Salah satu faktor yang dapat mendorong keberlanjutan dan keberlangsungan kegiatan ekonomi rakyat adalah kredit usaha rakyat (KUR). Menko Airlangga melalui laman resmi Kementerian Koordinator Perekonomian menyampaikan bahwa KUR akan dilanjutkan dengan bunga sebesar 6 persen untuk pertahanan ekonomi dan 3 persen KUR untuk sektor pertanian.

  • Pengendalian Inflasi Dengan Baik

Upaya pemerintah Indonesia dalam mengendalikan perekonomian guna menghindari dampak negatif dari ancaman krisis ekonomi global adalah pengendalian inflasi dengan baik. Dengan upaya ini, Indonesia berpeluang menciptakan situasi dan kondisi perekonomian yang stabil dan kondusif.

Inflasi memang bukanlah suatu hal yang buruk, secara teori inflasi merupakan suatu kewajaran dan kenyataan yang dihadapi setiap negara, akan tetapi inflasi yang tinggi, atau mengalami kenaikan yang pesat dan terus menerus akan mengakibatkan resesi ekonomi.

Pemerintah Indonesia telah melakukan pengendalian inflasi sebagai upaya preventif dari ancaman krisis ekonomi global. Pengendalian inflasi dilakukan dengan cara menurunkan tim pengendalian inflasi dari pusat sampai daerah secara kolaboratif, hal tersebut diupayakan untuk menekan kenaikan inflasi.

  • Menjaga Ketahanan Pangan

Ancaman krisis ekonomi global juga dapat berdampak terhadap ketahanan pangan setiap negara di dunia, bagi negara yang tidak mempersiapkan langkah-langkah untuk membangun ketahanan pangan, maka akan terancam oleh dampak dari krisis ekonomi global, misalnya seperti krisis pangan.

Indonesia telah melakukan persiapan menghindari ancaman krisis pangan. Pemerintah telah melakukan upaya-upaya yang berkaitan dengan kekuatan pangan, salah satunya ialah menjaga ketersediaan pangan yang terjangkau oleh masyarakat.

Dikabarkan bahwa Indonesia masih berada dalam kondisi aman, karena produksi beras dalam tiga tahun terakhir mencapai 31 juta ton, sehingga cukup untuk kebutuhan pangan rakyat, tentunya dapat membangun ketahanan pangan dan terhindar dari ancaman krisis pangan.

  • Meningkatkan Daya Beli Masyarakat

Pemerintah juga telah mengusahakan untuk meningkatkan daya beli masyarakat sebagai upaya untuk menghindari resesi ekonomi sebagai ancaman dari krisis ekonomi global. Upaya mempertahankan atau meningkatkan daya beli masyarakat ialah melalui bantuan langsung tunai dan subsidi.

Bantuan Langsung Tunai (BLT) diberikan kepada penerima manfaat, seperti masyarakat miskin, pekerja, pengendara ojek online, anak-anak yang terhimpun di yayasan panti asuhan di bawah Kemensos, Lansia dan lain-lainnya. Bantuan itu diharapkan mampu memperkuat daya beli masyarakat.

  • Belajar dari Pengalaman Menghadapi Krisis

Pemerintah pusat melalui laman resmi indonesia.go.id menyampaikan bahwa pihaknya akan terus belajar guna menghindari ancaman krisis ekonomi global yang sedang membayang-bayangi banyak negara di dunia. Salah satu bahan pembelajaran bagi pemerintah adalah Krismon.

Krismon merupakan krisis moneter yang terjadi sebelum tahun 2000-an, Pemerintah Indonesia saat ini mengabarkan bahwa mereka akan terus belajar dari pengalaman negara ini menghadapi krisis moneter. Sehingga, akan muncul berbagai solusi untuk menghindari ancaman krisis global.

Setiap negara saat ini memang menghadapi ketidakpastian ekonomi dunia, berbagai ancaman membayang-bayangi setiap negara, ancaman resesi, krisis pangan bahkan kebangkrutan. Kamu harus bersyukur bahwa Indonesia telah mempersiapkan berbagai alternatif untuk menghindari krisis ekonomi.

Selain pemerintah, kita sebagai masyarakat juga harus berinisiatif membangun ekonomi masing-masing untuk membantu negara dari ancaman ekonomi global, menghidupkan ekonomi rakyat artinya mendorong Indonesia menjauh dari ancaman krisis ekonomi global.

Demikian penjelasan tentang persiapan Indonesia menghadapi ancaman krisis ekonomi global. Banyak negara yang sudah terpeleset dan terkena dampak dari krisis ekonomi global, mereka mengalami resesi dikarenakan ketidaksiapan pemerintah dalam mengantisipasi ancaman krisis ekonomi global.

Kamu pasti berharap agar Indonesia tidak terpeleset dan terkena dampak dari ancaman krisis ekonomi global, tentu saja semua masyarakat Indonesia berharap seperti itu. untuk sementara ini kita masih bisa bernafas lega, karena pemerintah telah menghadirkan langkah-langkah perencanaan Indonesia menghadapi ancaman krisis ekonomi global.