Mengenal Ekonomi Kreatif di Indonesia


Industri ekonomi kreatif Indonesia saat ini sedang dalam fase hijau-hijau nya. Mengapa begitu? Melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia saat ini yang sedang dijabat oleh Menteri Sandiaga Uno banyak memberikan angin segar bagi para pelaku UMKM di seluruh Indonesia, khususnya untuk sektor ekonomi kreatif Indonesia.

Sebelum pembahasannya melangkah lebih jauh, apakah kamu sudah memahami atau mengenali apa yang dimaksud dengan sektor ekonomi kreatif? Apakah hal tersebut menjadi hal yang sama dengan ekonomi biasa? Sebagai pengetahuan tambahan bagi kamu yang belum memahami konsepnya mengenai ekonomi kreatif ini merupakan sebuah aktivitas atau bentuk perilaku manusia dalam mengelola sumber daya yang ada untuk dapat disalurkan kepada individu atau kelompok lain secara luas, dengan fokus pengembangan pada ide dan gagasan kreatif sebagai acuan utama pergerakannya. Singkatnya, ekonomi kreatif ini mengandalkan ide dan gagasan kreatif dari SDM sebagai poin utamanya.

Kenali Kekayaan Ekonomi Kreatif Indonesia

Indonesia yang kaya dengan sumberdaya alam dan sumber daya manusia yang beragam kemampuan dan kreativitasnya menjadikan sektor ekonomi kreatif yang dimiliki pun cukup beragam. Terlebih Menteri Sandiaga yang dengan massif berekspansi ke berbagai daerah di Indonesia untuk menggali potensi-potensi lokal dengan ide-ide kreatifnya.

Berikut subsektor ekonomi kreatif yang dimiliki oleh Indonesia

  1.     Pengembangan Permainan

Siapa sangka, permain menjadi salah satu sub sektor yang masuk dalam ekonomi kreatif. Pengembangan permainan ini berfokus pada permainan yang berbasis teknologi. Permainan atau games ini memiliki potensi besar untuk berkontribusi dalam ekonomi kreatif Tanah Air karena, seiiring bekembanganya teknologi dan minat pasar yang banyak dan luas, sehingga memungkinkan permainan atau games ini sukses menyumbangkan pendapatan negara yang cukup besar dan mendorong para pengembang games lokal untuk terus berkarya.  Contoh “Lokapala” yang merupakan games lokal bernuansa sejarah,

  1.     Kriya

Lewat tangan-tangan kreatif, berbagai bahan yang bersumber daya alam dapat dijadikan sebagai kerajinan yang memiliki nilai jual yang memiliki daya saing. Kerajinan ini dikenal juga sebagai seni kriya. Seni kriya yang dimiliki Indonesia terkenal karena memiliki ciri khas tertentu, dan telah menjadi aktivitas turun temurun di kalangan masyarakat tertentu. Contoh seni kriya Indonesia yang telah diakui kualitasnya oleh dunia adanya anyaman rotan dan bambu. Minat pasar global tentang usaha kreatif ini pun sangat banyak.

  1.     Desain Interior

Seiring pertumbuhan ekonomi global dan modernisasi, konsep hunian dan atau arsitektur bangunan dengan nilai statika tertentu menjadi concern saat ini. Hal ini berpengaruh pada usaha kreatif dalam implementasinya, oleh karena itu subsektor ekonomi kreatif tentang desain interior ini menjadi sangat potensial. Dengan budaya dan keunikan yang Indonesia miliki dari masing-masing daerah melahirkan keberagaman yang memiliki daya tariknya tersendiri.

  1. 4.      Music

Hasil atau buah dari pemikiran para seniman music atau musisi yang kreatif dalam menghidupkan dan memberi warna kehidupan tersendiri, menjadikan music ini masuk dalam industri kreatifnya sendiri. Pasar dengan segmentasi tertentu dapat dijangkau melalui hasil karya music dalam genre tertentu.

  1. 5.      Seni rupa

Seni rupa seringkali dipandang sebelah mata. Namun, dalam pengemasan yang menarik dan berhasil menyentuh pasar yang tepat, justru usaha ini menjadi primadona yang seringkali diburu oleh para peminatnya. Melalui berbagai macam pameran yang diselenggarakan, terlebih jika penyelenggara turut melibatkan teknologi sehingga dapat menambah daya tarik tersendiri. Bali masih menadi primadona turis domestic maupun mancanegara yang senang berburu koleksi hasil karya seni rupa Indonesia yang otentik, selain daripada destinasi pariwisatanya.  

  1.     Desain produk

Desain produk ini merupakan suatu proses kreasi dari manusia dalam merancang sebuah produk dengan menggabungkan unsur fungsi atau kegunaan dengan estetika atau nilai keindahan sehingga dapat bermanfaat dan valuable bagi masyarakatnya. Dalam sub sektor ini, UMKM adalah yang menjadi tumpuannya.

  1.   Fesyen

Fesyen atau fashion dalam Bahasa inggrisnya, berarti produk pakaian yang memiliki tren tertentu sehingga menarik minat masyarakat untuk tertarik dan membelinya. Saat ini fesyen sangat kuat dipengaruhi oleh budaya korea, namun pada kenyataan industri fesyen nusantara tidak kalah menarik dan masing-masing memiliki daya saing tersendiri. Seiring perkembangan dan waktu berjalan, tren fesyen pun seringkali berubah-ubah.

Itulah sedikitnya 7 sektor ekonomi kreatif yang dimiliki oleh Indonesia, jika ingin tahu lebih banyaknya sedikitnya ditetapkan 17 Subsektor ekonomi kreatif telah ditetapkan oleh Kemenparekraf. 10 diantaranya yaitu, Kuliner, Film, Animasi, dan Video, Fotografi, DKV, Televisi dan Radio, Arsitektur, Periklanan, Seni Pertunjukan, Penerbitan, dan Aplikasi. informasi tersebut diambil berdasarkan data yang ada pada laman resmi website Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf) RI, sehingga ke- 17 subsektor ekonomi kreatif itu secara resmi telah diakui oleh pemerintah dan menajdi focus pengambangannya.

Bagi kamu yang mungkin saat ini tengah berada di salah satu subsektor ekonomi kreatif itu, terus kembangkan dan optimis bahwa banyak dukungan untuk membantu kamu sukses dalam bidang yang sedang kamu geluti.